Batam, Kepulauan Riau - Tinggi gelombang Perairan Kepulauan Riau mencapai lima meter pada Minggu; Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam mengimbau pengguna transportasi laut agar hati-hati.

Prakirawan BMKG, Adhitya Prakoso, memperkirakan tinggi gelombang di Perairan Natuna dan Anambas mencapai lima meter dengan arus laut 85 cm perdetik, sedang gelombang di Perairan Batam, Bintan dan Lingga mencapai empat meter dengan arus 40 cm per detik.

"Untuk transportasi laut diimbau agar lebih berhati-hati terhadap gelombang tinggi dan arus yang cukup kuat di seluruh perairan wilayah Kepulauan Riau," kata dia.

Sedangkan transportasi darat dan udara diperkirakan masih kondusif.

Sementara cuaca diperkirakan berawan dan berpeluang hujan ringan yang terkadang disertai petir karena adanya pola belokan angin yang memicu berkumpulnya massa udara di daerah itu.

Secara detil, BMKG memprakirakan cuaca Kota Batam pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan tujuh sampai 38 kilo meter per jam arah timur laut.

Suhu udara di Batam antara 25 ampai 31 derajat celcius dengan kelembapan 65 sampai 92 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan dua sampai empat meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Minggu pagi berawan, siang berawan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 25 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembapan 68 sampai 93 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan dua sampai empat meter.

Karimun pada Minggu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 33 kilometer per jam timur laut.

Suhu udara di Karimun antara 25 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembapan 63 sampai 90 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,8 sampai dua meter.

Cuaca di Lingga Minggu pagi berawan hujan sedang dan siang hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 33 kilo meter per jam arah utara.

Suhu udara di Lingga antara 23 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembaban 70 sampai 94 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan dua sampai empat meter.

Kabupaten Natuna pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan tujuh sampai 40 kilo meter arah utara.

Suhu udara di Natuna antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembapan 70 sampai 93 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 2,5 sampai lima meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan tujuh sampai 40 arah utara.

Suhu udara Anambas antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembapan 69 sampai 92 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan 2,5 sampai lima meter.(Sumber:http://www.antaranews.com)