Headlines News :
Home » , » MEDIA FIELD VISIT SKKMIGAS SUMBAGUT dan KKKS RIAU

MEDIA FIELD VISIT SKKMIGAS SUMBAGUT dan KKKS RIAU

Written By Ripes News on Thursday, December 19, 2013 | 11:20 AM

Spirit Bersama CHEVRON
Ripes News (Dumai) - Catatan: Ramzi / Ozi Roji ( Jurnalis / Redaktur Riau Pesisir)
DUMAI-  Jantungku serasa berdetak keras sembari berkali kali menatap waktu pada handphone yang ada digengaman tangan.  Aku masih berada di lintas jalan Raya Dumai menuju Duri  saat waktu sekitar 12.30 Wib, Kamis (12/12/2013).

Itulah gambaran awal yang dapat kutulis dan ini merupakan Spirit atau semangatku untuk mengikuti kegiatan kunjungan media kelapangan atau Media Field Visit Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Sumatera Bagian Utara (SUMBAGUT) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) RIAU yang digelar PT Chevron Pacifik Indonesia.

Aku berharap kedatanganku tidak terlambat, apalagi sampai gagal untuk mengikuti kegiatan itu. Sungguh aku merindukan kebersamaan berkumpul bersama rekan rekan media daerah Provinsi Riau dan tentunya suatu penghargaan yang teramat sangat dapat bertemu dengan sosok tegas dan bersahabat dari Tiva Permata selaku Koordinator Media Relations PT CPI, Kemudian rasa kangen dengan si ramah tamah Yulia Rintawati selaku Communications SMO (Senior Medical Officers) atau petugas medis senior dan tentunya terbaru, rasa penasaran dengan suara lembut Dian Paramita selaku Contact Persons.

Berkali kali aku mendapat panggilan melalui handpone dari Yulia dan Dian sehubungan dengan kehadiranku sesuai jadwal pelaksanaan yang sudah direncanakan. Kemudian sahabatku asal media Kota Dumai, Yusrel dan Razak juga berkali menanyakan posisiku diperjalanan.

Alhamdulillah, Sekitar Pukul 13.15 akhirnya aku sampai ditempat yang direncanakan dan benar saja apa yang kuduga, Yulia si ramah itu langsung menyambut kehadiranku sembari menuntunku masuk ke mobil opersional yang telah disediakan panitia.

“ Apa kabarnya. Tidak sempat makan siang ya, sudah nanti saya berikan snack ringan. Itu teman teman yang lain barusan berangkat pakai bus menuju IVCC Duri untuk ikut acara Presentasi CPI profil,” kata  Yulia Rintawati. Tentunya, Aku sama sekali tidak kecewa, apalagi kesal. Yach,,, yang salah itu aku sendiri datang telat. Apalagi, Well! si pemilik suara lembut Dian Paramita saat itu juga turut menyapa.

Usai melaksanakan Sholat Dzuhur di salah satu mushola bersama rekan rekan sekitar lokasi Illinois Valley Community College (IVCC) Duri, kami  dihidangkan dengan sarana dan prasarana megah diruangan IVCC. Aku sempat menoleh pada pamphlet bangunan yang diresmikan pada tanggal 20 juni 2007 ini.  Bangunan ini dilengkapi sarana serba modern teknologi tercanggih saat ini. Ruangan itu menampilkan perlengkapan Layar Lebar dan aplikasi yang memungkinkan untuk mengirim data koneksi lewat bluetoot. Apalagi ruangan ini dilengkapi dengan safety first tahan gempa. Peserta mendapat petunjuk berkaitan dengan sistim dan keamanaan diruangan ini jika terjadi sesuatu gangguan.

Sesuai jadwal peserta mendapat presentasi CPI Profile, Presentasi Geologi Perminyakan dan Presentasi Duri Steam Flood.

Petunjuk dari presenter yang mewakili CPI dan perwakilan KKS Migas sangat jelas dan tegas menceritakan tentang bagaimana sebenarnya Chevron Pacific Indonesia (CPI) mencari, mendapati dan melakukan pengolahan atau eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi  yang ada di Riau untuk lingkup hulu.

Disini sekali lagi aku melihat karakter tegas dari Tiva Permata dalam memberikan petunjuk dan menjawab pertanyaan dari rekan rekan media. “ Tidak ada keraguan dan respeknya sungguh luarbiasa,” kata hatiku.

Kemudian dalam catatan kecilku ada nama Abdullah Faisal Thalib dan Haryanto, perwakilan KKS Migas. “ Mereka sangat jenius menguasai bahan,”.

Terungkap dalam presentasi bahwa tidak ada sumur minyak diperut bumi seperti yang dibicarakan kalangan umum. Pasalnya, Presentasi Geologi Perminyakan menceritakan asal usul migas dan bagaimana unsure unsure cikal bakal migas telah berproses dengan alam dan dari pasir pasir dan batuan akhirnya tersaring dari air melalui proses vermentasi khusus.

Gerak cepat kegiatan ini selalu diakhiri dengan praktek lapangan saat rombongan melihat langsung ladang minyak yang dikelola CPI yang selama kalau tidak salah mulai tahun 1928 telah mulai beroperasi.

“ Subhanallah,” kata hatiku saat melihat pompa angguk yang memproses minyak dari perut bumi diladang titik minyak yang dikelola CPI. Seperti yang dikatakan presentasi SKK Migas Haryanto, ada sekitar 5600 titik minyak yang beroperasi.

Kekaguman tersebut mewarnai perjalanan aku dan rombongan menuju Dumai camp melewati Duri Steam Flood.

Aku tidak tahu apakah Pompa minyak itu masih supllay dari putra asli Indonesia Fadel Muhammad, selaku perwakilan pimpinan Bukaka Teknik Utama. Tak sempat aku menanyakannya pada Presenter Duri Steam Flood team.

Bus rombongan terus bergerak dan dalam perjalanan aku sempat melihat rumah rumah yang ditempati oleh Suku Sakai. Kebenarannya aku melihat saat itu bangunan rumah Suku Sakai sudah modern dengan pola bangunan permanent. Kalau boleh dikatakan jauh lebih baik dari perumahan sederhana.

Check in Guest House  Dumai melewati Pos Security kemudian kami makan malam di Executive Lounge Dumai Country Club yang mengingatkan aku pada  kegiatan semarak Pers 2010 yang diadakan Chevron.

Panitia disini menyediakan penginapan di kamar Borobudur, melalui perwakilannya yang tampil berpakaian anggun seperti Ita Purnamasari. Aku minta maaf kalau namanya aku lupa, habis kecapekan juga mengikuti perjalanan kegiatan ini.
Usai makan malam, kami mendapat souvenir berupa tas sandang (lumayan buat ibu dirumah) dan kaos Chevron serta bingkisan yang sangat sangat berharga berupa buku A to Z Bisnis Hulu MIGAS karangan A Rinto Pudyantoro.

Hari Berganti, Jumat, (13/12/2013) pagi sekitar pukul 07.00 Wib sepertinya aku duluan hadir diruangan Executive Lounge  Dumai Country Club. Sarapan pagi yang disediakan panitia duluan kulahap bersama rekanan kontraktor kerjasama yang berada dilokasi saat itu. Sempat bercerita banyak sehubungan dengan tekhnik canggih yang dibuat CPI sehubungan dengan pembangunan yang ada selama ini.

Berikutnya, sekitar pukul 8.30 wib,  Haryanto, Yulia Rintawati, Dian Paramita dan Aristyo selaku kepala Presentasi Hydrocarbon Transportation muncul bersama kampotriotnya, Marhaden diikuti rekan media melahap porsi presentasi Environmental Stewardship. Disini aku melihat Arstyo (sepertinya bukan warga Indonesia), tapi sangat fasif dan dengan jelas berkata memberikan gambaran sehubungan dengan menu ini.  

Usai penjelasan, Rombongan kemudian mengunjungi Wharf dan Tank Farm di areal CPI Dumai. Disini kami melihat tempat penampungan atau penyimpanan minyak (Tank Pump) yang menurut perwakilan KKS Migas saat berada sambil Tanya jawab diatas Bus menyebutkan ada sekitar 16 Tank Pump yang dapat menampung enam juta ribu barel minyak.

 Safety di areal Tank Pump terlihat jelas seperti yang diterangkan Haryanto, jika terjadi tumpahan minyak, maka itu yang terlihat seperti gumpalan tanah atau pembatas dapat mencegahnya keluar dan tidak menganggu ekosistem sekitar. 

Rombongan akhirnya melalui perjalan menuju dermaga khusus Chevron yang berada berdampingan dengan terminal pelabuhan kusus PT (persero) Pertamina di pesisir Kota Dumai yang terletak di Jalan Soekarno – Hattta (Jalan Kilang Putri Tujuh Dumai).

Istimewanya di pelabuhan ini, selain terlihat struktur bangunan yang terkelola rapi dengan safety first, kami melihat alat deteksi seperti pancangan atau tanggul, yang sekali lagi kata Haryanto dibenarkan Marhaden  akan dapat mendeteksi getaran dan pasang surut disekitar pantai.

Kami kembali menuju Dumai Country Club untuk melakukan makan siang dan usai Sholat Jumaat berjamah, secara seremonial panitia palaksana Media Field Visit Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Sumatera Bagian Utara (SUMBAGUT) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) RIAU bubaran menuju daerah masing masing. (ozi)////   
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripes News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright 2013 - 2017,RIPES NEWS
Media Bisnis Terpercaya

| RIPESNEWS | DUNIA LOKER INDONESIA | PEMKO DUMAI | PEMKO ROHIL | JONY MARZAINUR | MR. AYAI | INDAH FM RADIO | DUPE TV | BUSINESS RIAU |

Jalan Datuk Laksaman No. 292 Kota Dumai Email : ripesnews@gmail.com Hp. 0812 6811 1177