Headlines News :
Home » , » JMGR Dan WALHI Ikut Partisipasi Hari Jadi Ke 3 Kecamatan Tebing Tinggi Timur

JMGR Dan WALHI Ikut Partisipasi Hari Jadi Ke 3 Kecamatan Tebing Tinggi Timur

Written By Ripes News on Monday, January 27, 2014 | 2:54 PM

TEBING TINGGI TIMUR- Besempena Hari Jadi Ke 3 Tahun Kecamatan Tebing Tinggi Timur (3T) Kabupaten Kepulauan Meranti, pemerintah Kecamatan TTT menggelar pesta Sagu Rakyat Penyelamat Ekosistem Rawa Gambut dari tanggal 25 sampai dengan 26 Januari 2013. Kegiatan ini berlangsung meriah dengan kerjasama Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) dan Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Riau yang ikut berpartisipasi mendatangkan Artis Ibu Kota Jakarta, Fadhli dan Rendra “Padi Band” (Ring Of Fire).

    Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Camat Tebing Tinggi Timur Desa Sungai Tohor yang dihadiri Camat Tebing Tinggi Timur, Drs. Helfandi, M.Si beserta seluruh jajaran Pemerintah Kecamatannya dan ribuan masyarakat Se Kecamatan Tebing Tinggi Timur. Dalam kegiatan itu dilaksanakan acara perlombaan menggolek tual sagu, kuliner sagu, mengupas tual sagu dan membuat atap rumbia. Juga dilaksanakan perlombaan Stand Bazar Kuliner Sagu Se Kecamatan Tebing Tinggi Timur.

Ketua Majelis JMGR Riau, Abdul Manan kepada Riau Pesisir di Selatpanjang, Senin (27/1) menjelaskan, kami dari pihak JMGR ikut berpartisipasi tehadap kegiatan perayaan Hari Jadi 3T dalam rangka mendukung Program Pemda Kepulauan Meranti guna mengembangkan potensi sagu yang ada di Kepulauan Meranti. Selain itu, bila berbicara sagu maka ini juga berhubungan dengan ekosistem gambut dimana Sagu merupakan salah satu bagian dari ekositem yang ada diwilayah gambut, sehingga bila kita ingin meningkatkan dan mengembangkan potensi sagu maka kita juga harus menjaga, melestarikan dan menerapkan tata kelola tanaman sagu yang sesuai dengan karakteristik tanah gambut.

Dikatakannya, sebenarnya hal ini sudah dilakukan oleh masyarakat Tebing Tinggi Timur, Desa Sungai Tohor salah satunya yang dengan kearifan lokalnya mampu membuktikan bahwa sagu selain sebagai sumber kehidupan mereka juga mampu melestarikan hutan dan wilayah gambutnya tetap lestari tanpa harus ada campur tangan industri dalam sekala raksasa, tandas peria yang akrab disapa sehari-hari Cik Manan itu.

Sementara itu, Camat Tebing Tinggi Timur, Drs. Helfandi, M.Si saat dikontak Riau Pesisir menyampaikan, kita sangat berterima kasih atas kerjasama dan partisipasi pihak JMGR dan WALHI Riau yang telah mensukseskan pelaksanaan kemeriahan Hari Jadi Kecamatan kita yang ke 3 tahun. Dengan mendatangkan artis ibu Kota Jakarta ini tidak lain adalah sebagai upaya kita dalam memberi hiburan bagi seluruh masyarakat Kecamatan Tebing Tinggi Timur, saya berharap ini bisa menjadi salah satu kebanggaan daerah kami oleh Pemerintah Daerah Meranti, maupun Riau. Kalau bisa Festifal Sagu ini dapat menjadi Festifal Sagu Nusantara kedepannya.

Pada tanggal 29 Januari mendatang merupakan kegiatan Puncak Pelaksanaan Festifal Sagu nantinya, kita berharap Festival ini nanti dapat sukses dan lancar lebih meriah dari yang sesudahnya sehingga bisa memberi hiburan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti nantinya. Sekaligus akan kita laksanakan Peresmian Kantor Camat Tebing Tinggi Timur yang baru ini. Itu lah kehidupan kami di Kecamatan Tebing Tinggi Timur ini tidak terlepas dari Gambut dan Sagu, oleh sebab itu memeriahkan Hari Jadi Kecamatan kami dengan mengangkat tema Sagu, Sagu dan Sagu dari kita. Karena sagu sangat dekat dengan Gambut maka melalui Sagu bisa kita selamatkan lingkungan Gambut nantinya, ungkap Camat penuh semangat.(and) 
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripes News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright 2013 - 2017,RIPES NEWS
Media Bisnis Terpercaya

| RIPESNEWS | DUNIA LOKER INDONESIA | PEMKO DUMAI | PEMKO ROHIL | JONY MARZAINUR | MR. AYAI | INDAH FM RADIO | DUPE TV | BUSINESS RIAU |

Jalan Datuk Laksaman No. 292 Kota Dumai Email : ripesnews@gmail.com Hp. 0812 6811 1177