Headlines News :
Home » , » Protes Pembongkaran Jalan, Warga Dumai Hadang Ekskavator Kontraktor

Protes Pembongkaran Jalan, Warga Dumai Hadang Ekskavator Kontraktor

Written By Ripes News on Sunday, February 16, 2014 | 8:18 AM

DUMAI - Progam lanjutan pembangunan jalan utama yang menghubungkan Kelurahan Basilam Baru dan Kelurahan Tanjung Penyebal Kecamatan Sungai Sembilan kini menuai konflik. Pemicunya adalah, pihak kontraktor hendak melakukan pembongkaran jalan yang dibangun menggunakan sistem base tersebut, Sabtu (15/2/14).

Kontraktor merasa kecewa karena anggaran lanjutan proyek pembangunan jalan tidak disetujui DPRD Dumai pada APBD 2014. Kontraktor yang merasa dirugikan berencana membongkar kembali penimbunan base yang secara fisik sudah rampung 99 persen tersebut. Namun, niat kontraktor digagalkan warga setempat, karena warga 8 RT yang tergabung dalam 3 kelurahan sangat membutuhkan pembangunan jalan poros itu.

"Kami sudah menunggu berpuluh-puluh tahun untuk pembangunan jalan ini, kenapa sekarang baru mulai dibangun harus dirusak kembali. Kami sebagai masyarakat siap turun ke jalan untuk pempertahankan pembangunan ini. Kalaupun kontraktor merasa dirugikan, jangan jalan kami menjadi imbasnya," ujar Agus Susanto, ketua LPMK Kelurahan Basilam Baru.

Setelah sempat bentrok dan beradu argumen antara warga setempat dengan pihak kontraktor, akhirnya warga memilih untuk mendesak penyelesaian kepada DPRD Dumai pada Selasa (18/2/14) mendatang. Keputusan itu diambil setelah masyarakat mendengar keluhan kontraktor yang mana dana pengerjaan kelanjutan proyek TA 2013 tersebut tidak kembali dianggarkan pada APBD 2014 meski sudah diusulkan Dinas Pekerjaan Umum Dumai.

"Jangan jadikan kami bahan untuk konspirasi politik, silakan DPRD membangun apapun di kota sana, yang kami minta pembangunan jalan di daerah pinggiran Dumai ini mohon jangan diganggu apalagi digagalkan. Jika tidak ada penyelesaian dari pemerintah dan DPRD, kita akan datangi DPRD dan mendesak agar budget alokasi pembangunan jalan tetap dianggarkan," ungkap Indra Sukma, seorang tokoh masyarakat.

Dikatakan Indra, biasanya warga butuh satu hari untuk mengeluarkan hasil panen akibat jalan yang berlumpur. Tidak itu saja, jalan akses siswa sekolah juga sulit ketika musim penghujan datang, bahkan guru-guru mengajar yang notabene bermukim di luar daerah ini juga terpaksa menginap akibat jalan tidak bisa dilewati. Kini jalan sudah bagus kenapa harus dibongkar kembali.

"20.000 jiwa membutuhkan jalan ini, sekian banyak penderitaan yang kami hadapi selama berpuluh-puluh tahun akibat jalan yang berlumpur. Sekarang baru mulai menikmati jalan sedikit bagus sudah digagalkan oleh DPRD, kami tidak terima keputusan DPRD yang tidak memasukkan anggaran pembangunan jalan ini pada APBD 2014," tegas ketua LPMK yang didampingi warga sekitar.

Sementara kontraktor pemenang tender pengerjaan jalan yaitu PT Duta Perdana Dumai dan PT Temako Raya, Zainudin Zainal mengatakan dirinya sangat merasa dirugikan dengan keputusan DPRD tersebut, karena pekerjaan penimbunan jalan sudah selesai 99 persen hanya tinggal finishing. Dengan kondisi seperti ini tentunya membuat dirinya mengambil langkah seperti ini dengan cara membongkar kembali pembangunan.

"Kita bersama warga akan menuntut DPRD untuk melanjutkan penganggaran terhadap pembangunan jalan yang dialokasikan Rp9 miliar pada 2013 lalu. Namun akibat intensitas curah hujan tinggi pada akhir 2013 sehingga pengerjaan baru bisa lanjut pada awal 2014, sementara pihak PU sudah memberikan surat untuk kelanjutan pengerjaan ini pada 2014 selama 60 hari, makanya kami selesaikan segera dengan tambahan waktu itu," pungkasnya.(sumber:http://riauterkini.com)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripes News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright 2013 - 2017,RIPES NEWS
Media Bisnis Terpercaya

| RIPESNEWS | DUNIA LOKER INDONESIA | PEMKO DUMAI | PEMKO ROHIL | JONY MARZAINUR | MR. AYAI | INDAH FM RADIO | DUPE TV | BUSINESS RIAU |

Jalan Datuk Laksaman No. 292 Kota Dumai Email : ripesnews@gmail.com Hp. 0812 6811 1177