Headlines News :
Home » , » Suku Talang Mamak Ancam Tuntut ke Jalur Hukum

Suku Talang Mamak Ancam Tuntut ke Jalur Hukum

Written By Ripes News on Wednesday, February 12, 2014 | 3:27 PM

# Tertipu Propaganda Politik

RENGAT-Atas nama suku Talang Mamak se Kabupaten Indragiri Hulu, Kumantan dan Batin Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat ancam tuntut sipenipu ke jalur hukum.   


Sebab dua orang tetamunya yang mengaku masih warga DK III Kecamatan Batang Cenaku dan belakangan diketahui satu diantaranya mantan Kepala Desa Kerubung Jaya karena dipecat dari kepemimpinannya, Latif, telah membohongi ke naturalan adat suku Talang Mamak demi kepentingan politik.



“Kami telah di tipu dan dan kami akan menuntut lewat jalur hukum,” tantang Kumantan Suku Talang Mamak Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat didampingi Batin, Jamin, dan Kepala Desa, Edi Priyanto, Senin (11/2).


Diterangkan Panjata’an yang kerap disapa Kumantan ini, Ahad malam (9/2) Latif alias Abu Zheka bertandang kerumahnya dikala dia masih berada dirumah adik kandungnya, Jasnan. Ketika itu saya di telpo anak untuk pulang kerumah karena ada dua oaring tamu,” papar Kumantan mengawali cerita.


Pendek cerita, Latif bersama satu orang kawanannya menbujuk nya unutk melakukan ritual dan penyemaian tolak balak ke esokan harinya di halaman kantor DPRD.


Bahkan saat dicerca seperti apa balak yang mau buang melalui ritual dan penyemaian adat suku talang mamak, Latif dan kawanannya tidak kunjung menerangkan secara rinci.


Sedangkan  natural adat suku Talang Mamak, ritual dan penyemaian penolak balak hanya dilakukan menyembuhkan penyakit akibat di guna-guna orang lain atau ketika Warga menginginkan hujan karena cuaca musim kemarau berkepanjangan sudah membawa petaka kekeringan air.


“Eh ternyata ritual dan penyemaian adat suku talang mamak sudah dicampur aduk untuk kepentingan segelintir orang yang ingin merongrong Pemerintahan Yopi,” sesal Batin dan Kumantan. “Jika tujuannya melengserkan Bupati Yopi saya dan suku talanmg mamak se Kab Inhu ini tidak akan tinggal diam,” ancam Kumantan dan Batin.


Selain memiliki unsure penipuan, kedua orang tua Suku Talang Mamak ini kembali berpendapat ritual adat yang mereka warisi itu sudah diperolok-olok untuk tontonan segelintir massa.


Sebab pada saat melakukan ritual yang berbiaya Rp. 1 juta tersebut, penyemaian dan ritual dilakukan pada saat menggeliatnya unjuk rasa dari rivalsi Bupati Yopi. “Saya juga kaget kenapa ada banyak orang dibawah pengawasan Polisi? Dan kenapa penyemaian tolka balak harus ditengah kerumunan pendemo?,” ucap Kumantan penuh dengan cirri kash gaya dan bahasanya.


Sambil menunggu dan mempelajari celah hokum yang akan menyeret para pendemo termasuk kedua orang penipu yang bersembunyi dibalik propaganda politik, Kumantan dan Batin sepakat akan memotori seluruh suku Talang Mamak se Kab Inhu untuk mendatangi Kantor DPRD Inhu pecan depan.


Di kantor DPRD, mereka etnis dan suku talang mamak se Kab Inhu akan melakukan unjuk rasa damai bertajuk perdamaian dan pembela Bupati Yopi. “Pada saat itu kami juga ingin merehabilitasi adat suku kami karena telah mereka peralat untuk kepentingan Politiknya,” tutup Kumantan dan Batin. (Sandar)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripes News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright 2013 - 2017,RIPES NEWS
Media Bisnis Terpercaya

| RIPESNEWS | DUNIA LOKER INDONESIA | PEMKO DUMAI | PEMKO ROHIL | JONY MARZAINUR | MR. AYAI | INDAH FM RADIO | DUPE TV | BUSINESS RIAU |

Jalan Datuk Laksaman No. 292 Kota Dumai Email : ripesnews@gmail.com Hp. 0812 6811 1177