Headlines News :
Home » , » Selama Ramadhan, Pemko Dumai Imbau Rumah Makan Tutup di Siang Hari

Selama Ramadhan, Pemko Dumai Imbau Rumah Makan Tutup di Siang Hari

Written By Ripes News on Friday, June 27, 2014 | 10:07 AM

Walikota Dumia mengeluarkan imbauan kepada pengusaha rumah makan agar menutup usahanya di siang hari sepajang Ramadhan nanti. Bagi yang non muslim, dipersilakan tetap membuka usahanya, asal dituliskan "Non Muslim" di depan tempat usahanya.

Riauterkini-DUMAI - Walikota Dumai Khairul Anwar mengeluarkan imbauan agar pengusaha rumah makan dan restoran serta sejenisnya untuk menutup tempat usaha pada siang hari selama bulan suci Ramadhan 1435 H untuk menghormati bagi mereka yang berpuasa.

Sedangkan bagi pengusaha non muslim dapat terus membuka tempat usahanya dengan catatan, meletakkan spanduk khusus bertuliskan "Non Muslim" demi menghormati umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa.

"Seruan ini diharapkan dapat dijalankan oleh semua pihak agar kita dapat menjaga lingkungan dan kekhusukan orang muslim yang beribadah puasa," katanya di Dumai, Selasa (24/6/14).

Dalam menghadapi bulan suci Ramadhan, jelasnya, Pemkot Dumai telah mengeluarkan seruan yang merupakan hasil keputusan bersama dengan forum musyawarah pimpinan daerah serta organisasi masyarakat (ormas) Islam setempat.

Di samping itu, seluruh pengusaha hiburan seperti diskotik, karaoke, pub, panti pijat dan permainan bilyard agar ditutup selama sebulan penuh dan dapat dibuka kembali setelah Ramadhan berakhir.

Sementara itu, bagi usaha hiburan anak-anak dapat dibuka pada siang hari selama bulan Ramadhan dan ditutup tepat pada pukul 17.00 WIB. Namun bagi warung internet (warnet), agar tidak membuka usahanya pada malam hari.

"Seruan ini akan diambil tindakan oleh aparat penegak hukum yaitu kepolisian, kejaksaaan dan termasuk satuan polisi pamong praja, jika tidak diindahkan dan ada pelanggaran," ungkapnya.

Kepada masyarakat luas, lanjutnya, diminta agar tidak makan, minum, merokok di tempat umum pada siang hari di bulan Ramadhan serta mengenakan pakaian sopan sebagai bentuk penghargaan kepada umat muslim yang tengah melaksanakan puasa.

Demi menjaga ketenangan dan kenyamanan umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, diserukan agar tidak menimbulkan suara kegaduhan seperti membunyikan mercon atau petasan pada waktu pelaksanaan shalat tarawih atau malam bulan Ramadan.

"Para pedagang musiman kita serukan juga agar tidak menyediakan mercon atau petasan selama bulan suci Ramadhan agar tercipta suasana yang tenang dan khusuk bagi orang berpuasa," harapnya.

Khusus bagi warga non muslim, pemerintah daerah menyerukan agar menghormati umat Islam yang sedang berpuasa serta ibadah lainnya selama bulan suci Ramadhan dengan menjauhi perkataan atau perbuatan serta tingkah laku yang dapat menyinggung perasaan.

"Sambutlah bulan suci Ramadhan dengan rasa gembira dan syukur kepada Allah SWT, serta niat untuk membersihkan diri dari segala dosa dan kesalahan. Laksanakan puasa dan seluruh ibadah wajib maupun sunnah berdasarkan iman dan taqwa demi terwujudnya pribadi yang baik dan berkualitas," ucap Khairul.

Dia melanjutkan, seluruh pengurus mesjid dan musala agar dapat menghidupkan shalat berjamaah dan tarawih dengan penuh syiar dan persatuan umat serta mendukung kegiatan tadarus dengan pengunaan pengeras suara secara bertanggungjawab.

"Bagi remaja mesjid maupun musala untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan ibadah, guna menyemarakan syiar Islam dan pembinaan generasi muda serta memperhatikan keamanan jemaah selama beribadah," katanya.

Pantauan di lapangan untuk wilayah itu, beberapa hari menjelang memasuki bulan suci Ramadhan 1435 H, warga mulai mempersiapkan diri dengan membeli kebutuhan dan sudah banyak pedagang musiman seperti penjual kembang api marak berjualan di sepanjang ruas jalan umum.(sumber:http://riauterkini.com)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripes News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright 2013 - 2017,RIPES NEWS
Media Bisnis Terpercaya

| RIPESNEWS | DUNIA LOKER INDONESIA | PEMKO DUMAI | PEMKO ROHIL | JONY MARZAINUR | MR. AYAI | INDAH FM RADIO | DUPE TV | BUSINESS RIAU |

Jalan Datuk Laksaman No. 292 Kota Dumai Email : ripesnews@gmail.com Hp. 0812 6811 1177