Headlines News :
Home » , » Bangun Organisasi Masyarakat Sipil Yang Kuat JMGR Taja Pelatihan Hukum Di Kecamatan Merbau

Bangun Organisasi Masyarakat Sipil Yang Kuat JMGR Taja Pelatihan Hukum Di Kecamatan Merbau

Written By Ripes News on Sunday, July 20, 2014 | 8:12 PM

SELATPANJANG- Bertemakan “ Membangun Organisasi Masyarakat Sipil Yang Kuat Melalui Pelatihan Hukum Kritis Dan Keorganisasian ”, belum lama ini Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) mengadakan pelatihan Hukum untuk perwakilan masyarakat di beberapa Desa se Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pelaksanaan kegiatan kali ini dilaksanakan di ruangan Labor Bahasa MA Al-Munawaroh Kampung Jawa Desa Bagan Melibur Kecamatan Merbau satu hari penuh. Dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang yang merupakan perwakilan dari Desa Bagan Melibur, Desa Lukit, Sungai Anak Kamal, Mayang Sari, Mengkirau dan Kelurahan Teluk Belitung ikut menghadiri pelatihan tersebut.

Sekretaris Jendral (Sekjen) Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR), Isnadi Esman, S.Pd melalui rilis Pers nya kepada Riau Pesisir, Minggu (20/7) mengatakan, dimana pelaksanaan pelatihan ini sengaja kita lakukan sebagai wujud kepedulian pihak JMGR terhadap isu hukum dalam sebuah Negara hukum, sehingga masyarakat mengerti dan tahu tentang hukum dan azas di Negara kita ini.

“Pelatihan seperti ini merupakan bagian yang tak terpisahkan bagi sosialisasi dan penyebaran isu hukum dalam sebuah Negara hukum. Dan merupakan logika berbalik dari penyuluhan hukum yang bersifat berelasi sosial yang top down dan mengedepankan kewajiban warga Negara dibanding hak-hak yang mesti dilindungi oleh Negara kepada warga negaranya, jelas pria gagah berkacamata itu.

Dengan demikian, JMGR menganggap penting adanya pelatihan seperti ini, Hukum selama ini seakan menjadi produk Negara yang elit, dimana masyarakat harus tunduk dan taat dengan hukum tetapi kegiatan atau sosialisasi yang sifatnya meningkatkan kapasitas pemahaman masyarakat
terhadap hukum sangat jarang dilaksanakan, apa lagi untuk di Desa-Desa.

Lebih lanjut dikatakan peria yang akrab di sapa sehari-hari Didi itu, melalui pelatihan hukum ini diharapkan selain bertambahnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang hukum, juga masyarakat mampu menggunakan hukum sebagai sumber daya dalam menghadapi permasalahan yang mereka hadapi di kampung mereka masing-masing.

“Artinya masyarakat bisa memahami lebih jauh dan detail lagi seperti apa dan bagaimana menanggapi isu hukum di Negara kita saat ini dengan harapan bisa menjadi bekal pengetahuan yang kuat mengenai Hukum buat perkembangan wilayah di Desa masing-masing sesuai dengan turan dan sistem yang berlaku nantinya”, tandas Didi.

Menariknya, Narasumber dalam pelatihan kali ini yaitu seorang Advokat dan Dosen Luar Biasa Bantuan Hukum FH UNRI, Suryadi, SH yang saat itu didampingi rekannya, Irsyadul Halim sebagai Pemateri Tentang Keorganisasian.(Andi)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripes News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright 2013 - 2017,RIPES NEWS
Media Bisnis Terpercaya

| RIPESNEWS | DUNIA LOKER INDONESIA | PEMKO DUMAI | PEMKO ROHIL | JONY MARZAINUR | MR. AYAI | INDAH FM RADIO | DUPE TV | BUSINESS RIAU |

Jalan Datuk Laksaman No. 292 Kota Dumai Email : ripesnews@gmail.com Hp. 0812 6811 1177