Headlines News :
Home » , » APBMI AJUKAN SOMASI PERTAMINA KARENA TIDAK PATUHI UNDANG UNDANG.

APBMI AJUKAN SOMASI PERTAMINA KARENA TIDAK PATUHI UNDANG UNDANG.

Written By Ripes News on Thursday, August 14, 2014 | 8:11 PM

APBMI AJUKAN SOMASI PERTAMINA KARENA TIDAK PATUHI UNDANG UNDANG.

Kepada : Yth : 1. PT. Pertamina (Persero)
Jl. Merdeka Timur 1A Jakarta. 2. PT. Pertamina (Persero) UP II Dumai
Jl Kilang Minyak Putri VII Dumai. Di Tempat.

Perihal : Peringatan / Somasi.

Dengan Hormat,
C. Supriatna Pamungkas SH., MH. Advocat dari Kantor Advocat CS. Pamungkas Law Office & Co – Advocat, Legal Consultan and General yang beralamat kantor di Chery Field 18_N Cluster Cheleste Terusan Buah Batu Ciganitri Bandung, berdasarkan Surat Kuasa Khusus tertanggal 11 Agustus 2014 (terlampir). Bertindak untuk dan atas nama para pemberi kuasa : Ahmad Jony Marzainur, SH dan IR. Yusrizal, MM. Ketua Umum dan Sekretaris Jendral Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia Wilayah Riau (DPW APBMI Riau), berdasarkan kepada pengakuan para pemberi kuasa serta bukti-bukti surat yang ditunjukan / diperlihatkan yang legalitasnya dapat dipertanggung jawabkan dihadapan hukum, ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan sebagai berikut : 1. Bahwa para pemberi kuasa adalah Ketua Umum serta Sekretaris Umum Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia Wilayah Riau (DPW APBMI Riau) hasil Musyawarah Wilayah pada tanggal 28 Oktober tahun 2013 untuk masa bakti / periode kepengurusan tahun 2013 hingga tahun 2018.

2. Bahwa Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) adalah merupakan organisasi syah yang sudah berdiri lebih dari duapuluh empat tahun, didasarkan kepada landasan hukum Keputusan Pemerintah Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan No : KP 6/AL 3014/Phb-89 tanggal 28 Oktober 1989, Surat Keputusan Menteri Perhubungan tersebut didasarkan kepada Undang-undang No 8 Tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan, Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia lahir sebagai mitra Pemerintah untuk membantu menciptakan suasana kepelabuhan yang lebih tertib, aman, lancar dan nyaman didalam proses pelaksanaan Bongkar Muat barang dari dan ke Kapal di wilayah Republik Indonesia. 3. Bahwa untuk mencapai tingkat ketertiban, keamanan, kelancaran dan kenyamanan dalam pelaksanaan proses Bongkar Muat dipelabuhan baik Pelabuhan Umum ataupun Pelabuhan Khusus, berdasarkan UU No 17 tahun 2008 tentang Pelayaran Pasal 31 (a) Bagian ke VI maka seluruh proses pelaksanaan kegiatan Bongkar Muat harus dilaksanakan oleh Perusahaan yang bergerak khusus dibidang itu yaitu Perusahaan Bongkar Muat, baik berupa Stevedoring, Cargodoring ataupun Receiving / Delivery. 4. Bahwa atas hal tersebut di atas, berdasarkan data-data serta fakta-fakta hukum di Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia Riau (APBMI-Riau), PT. Pertamina (Persero) Cq. Pertamina UP II Dumai, dalam proses pelaksanaan Bongkar Muat material Green Coke tidak melibatkan / menggunakan Penyedia Jasa Kerja Bongkar Muat seperti yang telah ditentukan oleh Undang-undang, sesuai dengan data-data yang ada di Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia Riau (APBMI) kegiatan tersebut sama sekali tidak menggunakan / melibatkan Penyedia Jasa Bongkar Muat yang ada di Asosiasi.

5. Bahwa atas hal tersebut, tindakan PT. Pertamina (Persero) Cq Pertamina UP II Dumai jelas-jelas telah mengabaikan UU No 17 tahun 2008 Tentang Pelayaran, oleh sebab itu kami meminta agar pelanggaran tersebut segera dihentikan dan segera bekerja sama dengan para Penyedia Jasa Bongkar Muat yang ada dilingkungan Dumai yang telah terdaftar / legal di Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia Dumai, dengan demikian maka diharapkan PT. Pertamina (Persero) Cq Pertamina UP II Dumai segera melakukan koordinasi dengan pihak Asosiasi.

6. Bahwa kami berharap PT. Pertamina (Persero) Cq Pertamina UP II Dumai bisa memanfaatkan limit waktu satu minggu untuk segera menghentikan segala proses Bongkar muat secara ilegal tersebut dan segera menggandeng Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia Dumai / Riau

sebagai wadah resmi para Penyedia Jasa Bongkar Muat tersebut, apabila dalam rentan waktu satu minggu semenjak surat ini diterima tidak ada upaya itikad baik maka Client kami akan melakukakan upaya Hukum sebagai langkah penegakan hukum dan kepastian hukum.

7. Bahwa Peringatan / Somasi ini haraf dipandang sebagai upaya itikad baik kami Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia Wilayah Riau (DPW APBMI Riau) dalam menciptakan ketertiban, keamanan, kelancaran dan kenyamanan dalam pelaksanaan proses Bongkar Muat dipelabuhan baik Pelabuhan Umum ataupun Pelabuhan Khusus sesuai UU No 17 tahun 2008 tentang Pelayaran.

Atas hal-hal tersebut diatas yang telah kami uraikan, dengan ini kami mengingatkan kembali agar PT. Pertamina (Persero) Cq. Pertamina UP II Dumai segera menunjukan itikad baiknya dengan segera menindak lanjutinya agar permasalahan tersebut segera dapat teratasi. Terimakasih. Bandung, 13 Agustus 20014 Hormat Kuasa Hukum.

C. Supriatna Pamungkas, SH., MH.
Tembusan : 1. Yth. Menteri Negara BUMN Republik Indonesia, 2. Yth. Sdr. Ketua Umum Pengurus DPP APBMI, 3. Arsip.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripes News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright 2013 - 2017,RIPES NEWS
Media Bisnis Terpercaya

| RIPESNEWS | DUNIA LOKER INDONESIA | PEMKO DUMAI | PEMKO ROHIL | JONY MARZAINUR | MR. AYAI | INDAH FM RADIO | DUPE TV | BUSINESS RIAU |

Jalan Datuk Laksaman No. 292 Kota Dumai Email : ripesnews@gmail.com Hp. 0812 6811 1177