Headlines News :
Home » , » Helfandi Berharap Agar PAD Sektor PBB Di Kecamatan 3T Dapat Ditingkatkan

Helfandi Berharap Agar PAD Sektor PBB Di Kecamatan 3T Dapat Ditingkatkan

Written By Ripes News on Thursday, October 9, 2014 | 3:22 PM

*Sosialisasi PBB-P2 Di Kecamatan 3T

TEBING TINGGI TIMUR- Camat Tebing Tinggi Timur (3T), Helfandi, SE MSi membuka secara resmi pelaksanaan Sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB – P2) di Kecamatan Tebing Tinggi Timur. Sosialisasi kali ini dilaksanakan diaula Kantor Camat Tebing Tinggi Timur Jalan Abdul Jalil Desa Sungaitohor, Kamis (9/10).

Hadir dalam sosialisasi tersebut, selain dihadiri Camat Tebing Tinggi Timur (3T), Helfandi, SE MSi juga dihadiri Kadis Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Kabupaten Kepulauan Meranti yang dikesempatan itu diwakili Kepala Bidang (Kabid) PBB dan BPHTB, Rizky Hidayat, S.STP, M.Si yang juga sebagai Narasumber sosialisasi tersebut, didampingi dua orang Kasubdin Penilaian, Eri Yose Rizal, SE dan Kasubdin Pelayanan, Sofyan.

Selian itu, dalam sosialisasi PBB – P2 tahun 2014 ini sebagai Peserta sosialisasi diikuti seluruh Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Tebing Tinggi Timur, selanjutnya juga diikuti Kolektor PBB tingkat Kecamatan dan Desa dalam Wilayah Kecamatan Tebing Tinggi Timur serta sejumlah perwakilan tokoh masyarakat.

Camat Tebing Tinggi Timur (3T), Helfandi, SE MSi dalam sambutan pembukaan mengatakan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita dari sektor PBB - P2 ini  sejak Januari 2014 sudah dikelola langsung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti sesuai kewenangan yang telah diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Kabupaten/Kota. Tentunya dengan telah diberikan kewenangan ini kepad Kabupaten, harus bisa kita menggali dan kita tingkatkan setiap tahunnya agar sektor PAD PBB ini menjadi primadona atau andalan kita sesuai harapan pak Bupati.

Nah untuk meningkatkan PAD dari sektor ini perlu kerjasama semua pihak baik desa, Kecamatan maupun Pemkab. Sebenarnya di Kecamatan 3T ini sangat besar potensinya dari sektor PBB ini, namun karena belum terdata secara maksimal, maka PBB Kecamatan 3T masih sangat rendah. Disarankan agar pada tahun 2015 melalui PPKAD nanti menganggarkan dana pendataan PBB ini yang langsung diserahkan kepada desa, selanjutnya pihak desa dan kecamatan juga akan bias menginventarisir tanah-tanah perumahan dan perkebunan masyarakat yang belum mempunyai surat tanah, jelas Camat melalui riles Persnya kepada Wartawan Riaupesisir menggunakan sambungan Via Blackberry Messenger (BBM) nya, Kamis (9/10).

Lebih lanjut, di beberkan Camat Helfandi, bahwa dengan inventarisir dari desa maka seluruh masyarakat akan bisa membayar PBB nya ini, sehingga validitas datanya tidak diragukan lagi. Selama ini masyarakat yang tidak mau membayar PBB karena persoalan data yang tidak valid baik nama, ukuran serta lokasi yang tidak sama, sehingga masyarakat enggan untuk membayarnya, aku Helfandi.

Kedepan tentunya dengan pendataan yang valid saya yakin sektor PAD di Kecamatan 3T dari PBB ini akan bisa meningkat. Katanya, selama ini kita selalu menuntut Pemerintah agar porsi pembangunan yang masuk ke Desa-Desa kita harus banyak dan lebih, namun pemerintah dalam hal ini Pemda Kepulauan Meranti telah memberikan kepada kita tidak sebanding dengan apa yang kita berikan kepada Daerah, yakni dalam hal ini kewajiban kita membayar Pajak Bumi dan Bangunan maupun lainnya, tutur peria yang akrab di sapa sehari-hari Iin itu.

Namun demikian, sebenarnya mengenai biaya tersebut tidak besar, tetapi kesadaran kita masih kurang ditambah kurang validnya data-data yang dikeluarkan. Oleh sebab itu, diharapkan dengan semakin besar target pajak PBB kita, semakin besar pula reward yang diberikan Pemkab kepada Kecamatan 3T dalam porsi pembangunan. Kalau sedikit pembangunan yang masuk berarti kita harus intropeksi diri, mungkin PBB kita banyak yang nunggak, ungkap Camat Helfandi.(andi)

Ket Foto : 
Camat Tebing Tinggi Timur, Helfandi SE M.Si saat membuka secara resmi Sosialisasi PBB - P2 Di Kecamatan Tebing Tinggi Timur tahun 2014
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripes News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright 2013 - 2017,RIPES NEWS
Media Bisnis Terpercaya

| RIPESNEWS | DUNIA LOKER INDONESIA | PEMKO DUMAI | PEMKO ROHIL | JONY MARZAINUR | MR. AYAI | INDAH FM RADIO | DUPE TV | BUSINESS RIAU |

Jalan Datuk Laksaman No. 292 Kota Dumai Email : ripesnews@gmail.com Hp. 0812 6811 1177