Headlines News :
Home » , » Jalan 1,2 KM di Tanjung Penyembal Dikerjakan Secara Padat Karya

Jalan 1,2 KM di Tanjung Penyembal Dikerjakan Secara Padat Karya

Written By Ripes News on Wednesday, October 1, 2014 | 2:13 PM

DUMAI-Proyek padat karya di Jalan Rejosari RT 06, Kelurahan Tanjung Penyembal, Kecamatan Sungai Sembilan, Rabu (24/9) lalu sudah mulai dikerjakan. Parit di sepanjang jalan tersebut mulai digali dan tanah hasil gaian diangkat untuk menimbun badan jalan yang masih lembek.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dumai, Amiruddin bersama Kabid Penempatan Kerja Disnakertrans, Suofandy sengaja turun ke lapangan untuk meninjau pelaksanaan proyek padat karya yang dananya bersumber dari APBN tersebut.

Mobil Dinas BM 1600 R yang membawa rombongan tak bisa sampai ke lokasi proyek padat karya dan terpaksa berhenti di SD 011 Tanjung Penyembal. Perjalanan menuju proyek yang jaraknya dari SD 011 itu sekitar 1 km lebih itu akhirnya dilakukan dengan menumpang empat unit sepeda motor yang sengaja disewa.

Setibanya di lokasi proyek, Amiruddin menyapa para pekerja dengan ramah. Ratusan warga setempat  terdiri dari pria dewasa, dan Ibu Rumah Tangga (IRT) terlihat bergotong royong melakukan  penimbunan badan jalan sepanjang 1.200 meter. Sebagian pria dewasa menggali parit, dan tanahnya diangkat untuk menimbun badan jalan. Para IRT meratakan tanah di atas badan jalan.

“Jalan ini becek dan sulit dilalui kalau musim hujan, sehingga untuk  mengeluarkan hasil kebun harus menggunakan sampan dengan biaya Rp 300,- per kilo. Dengan adanya proyek padat karya ini, masyarakat sangat terbantu,” ujar Ketua RT 06 Tanjung Penyebal, Ponirun.

Menurut Ponirun, proyek padat karya penimbunan badan jalan sepanjang 1.200 meter tersebut dikerjakan gotong royong oleh warga setempat. Selain terbantu karena jalan yang dikerjakan untuk kebutuhan masyarakat setempat, masing-masing warga yang ikut bekerja juga diberi Uang Perangsang Kerja (UPK) sebesar Rp55.000.

“Warga bekerja hanya setengah hari saja, masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 12.00 WIB. Sehingga  pekerjaan lainnya masih bisa dikerjakan warga. Mereka diberi UPK sebesar Rp55.000 ribu yang dibayarkan sekali dalam lima hari kerja,” tukasnya.

Proyek padat karya penimbunan jalan sepanjang 1.200 meter tersebut sudah dimulai, Rabu-Kamis (24-25/9). Sedikitnya dua ratus meter badan jalan dan parit sudah selesai dikerjakan. Sebanyak 106 orang warga terlibat dalam proyek yang ditargetkan selesai dalam 20 hari kerja tersebut. “Pekerjaan ini ditargetkan selesai dalam 20 hari kerja,” kata Soufandi kepada wartawan, kemarin.

Sebelumnya, Amiruddin sudah menyerahkan secara simbolis alat kerja berupa satu unit cangkul kepada Ketua RT 06 Tanjung Penyembal. “Saya berharap masyakat merasa terbantu dengan adanya proyek ini, dan untuk pengerasan, saya minta pak RT untuk mengajukan melalui APBD Kota Dumai,” ujarnya. (sumber:http://fokusriau.com)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripes News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright 2013 - 2017,RIPES NEWS
Media Bisnis Terpercaya

| RIPESNEWS | DUNIA LOKER INDONESIA | PEMKO DUMAI | PEMKO ROHIL | JONY MARZAINUR | MR. AYAI | INDAH FM RADIO | DUPE TV | BUSINESS RIAU |

Jalan Datuk Laksaman No. 292 Kota Dumai Email : ripesnews@gmail.com Hp. 0812 6811 1177