Headlines News :
Home » , » WASPADA !!!! DBD Semakin Menyerang Di Kota Dumai

WASPADA !!!! DBD Semakin Menyerang Di Kota Dumai

Written By Ripes News on Wednesday, February 17, 2016 | 4:35 PM

RipesNews- Kota Dumai termasuk daerah yang sangat potensial dalam perkembangan penyakit demam berdarah yang dapat mengakibatkan kematian ,di karenakan iklim yang ada di Kota Dumai adalah iklim tropis,sehingga nyamuk dengan sangat mudah nya berkembang biak di iklim tropis. Berdasarkan info yang di dapat dari tahun ke tahun masyarakat Kota Dumai yang menderita penyakit Demam Berdarah mengalami peningkatan.

“Berdasarkan info yang telah kami dapatkan di lapangan,dari tahun ke tahun penderita yang mengalami penyakit demam berdarah semakin meningkat,mengingat Kota Dumai adalah Kota yang memiliki iklim tropis” ujar Romauli tambunan selaku Kabid Pengendalian Penyakit dan penyehatan lingkungan Kota Dumai.

Melihat populasi penduduk yang semakin padat dan juga kesadaran masyarakat yang kurang tanggap, Dinas Kesehatatan Kota Dumai selalu gencar dalam menggelar berbagai sosialisai ke seluruh Puskesmas, rumah sakit dan di lingkungan masyarakat.

Media yang menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti adalah ditempat – tempat penampungan air, untuk mengatasi agar nyamuk tidak berkembangbiak, pihak dinas kesehatan menghimbau agar rutin dikuras dalam 1 minggu sekali.

“masyarakat Kota Dumai sebanyak 80% penduduknya menampung air, dengan tempat – tempat penampungan air ini beresiko apabila tidak aktif melakukan PSN (pemberantasan sarang nyamuk) dengan 3 M Plus yaitu, Menguras, Mengubur, Menutup, dan Plusnya menghindar dari gigitan nyamuk” Tambahnya.

Bukan hanya penyakit demam berdarah yang saat ini di sebabkan oleh vektor penularannnya melalui nyamuk aedes aegypti, penelitian juga telah membuktikan ada salah satu penyakit terbaru yaitu Virus Zika, yang vektor penularannya juga di sebabkan oleh nyamuk aedes aegypty. Namun ada perbedaannya, jika DBD menyebabkan kematian, sedangkan virus zika dapat menyebabkan kecacatan pada kandungan jika terinfeksi pada ibu hamil.

Dikota Dumai sendiri yang banyak terkena penyakit DBD adalah anak – anak, dikarnakan daya tahan tubuhnya lemah, dan penularan nyamuk aedes aegypti ini dari siang hingga sore hari saat anak – anak sedang tidur siang.

“ anak anak sering terjangkit penyakit demam berdarah,di karenakan anak anak suka tidur di pagi dan sore hari,sebab nyamuk aedes aegypty beraktivitas pada pagi dan sore hari” ujar roamuli tambunan.

Kabid Pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan menegaskan kembali bahwa pencegahan yang paling efektif adalah dengan PSN DBD. Masing – masing rumah wajib menjaga kebersihan rumahnya dengan menguras tempat penampungan air 1 minggu sekali dikarnakan siklus nyamuk aedes aegypti selama 7 hari untuk menjadi nyamuk dewasa, kemudian menutup penampungan air sehingga nyamuk tidak bertelur. 

Lalu mengubur barang – barang bekas yang tidak bisa dibakar yang menjadi sumber perindukan nyamuk, dan kemudian menaburkan bubuk ABATE sesuai dosis.

Untuk pengobatan virus DBD sendiri sampai saat ini masih belum ada, dan vaksinnya sampai sekarang juga belum ada, untuk pengobatan yang dilakukan saat ini bersifat sportive mengobati gejala saja, kalau sudah terjadi manifestasi perdarahan, trombosit pun akan turun, dan disarankan untuk banyak - banyak minum air putih.(ali)


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripes News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright 2013 - 2017,RIPES NEWS
Media Bisnis Terpercaya

| RIPESNEWS | DUNIA LOKER INDONESIA | PEMKO DUMAI | PEMKO ROHIL | JONY MARZAINUR | MR. AYAI | INDAH FM RADIO | DUPE TV | BUSINESS RIAU |

Jalan Datuk Laksaman No. 292 Kota Dumai Email : ripesnews@gmail.com Hp. 0812 6811 1177