Headlines News :
Home » , » Pembukaan May Day Tahun 2017

Pembukaan May Day Tahun 2017

Written By Ripes News on Sunday, April 30, 2017 | 10:17 PM


Ripes News - Dumai - Ribuan buruh dan keluarga memadati Ballroom Comfort Hotel Dumai, Minggu (30/4) dalam rangkaian May Day, yang digelar oleh DPC Federasi Serikat Buruh Makanan, Minuman, Pariwisata, Restoran, Hotel dan Tembakau (Kamiparho)/KSBSI- Kota Dumai.
Ketua DPC Kamiparho/KSBSI Kota Dumai, Hasrizal mengakui bahwa kesejahteraan para buruh tetap jadi perhatian pada May Day 2017. Walau pada tahun ini buruh di Kota Dumai tidak turun ke jalan, tapi serikat buruh tetap memperjuangkan agar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78/2015 tentang Pengupahan dibatalkan pemerintah. Bahkan perjuangan serupa juga menjadi target secara nasional.
Ditegaskannya bahwa PP ini mengebiri serikat buruh dan perusahaan, bahkan seolah menyamaratakan upah secara nasional. Kondisi ini diperparah dengan tidak adanya kejelasan format upah buruh. Maka KSBSI Dumai berjuang agar para buruh memperoleh upah yang layak.
Namun kenyataannya kesejahteraan buruh secara nasional masih belum terpenuhi. Apalagi serikat buruh berkomitmen untuk tetap memenuhi kewajibannya di areal kerja, serta meningkatkan kinerja di perusahaan. Sehingga buruh berharap agar pihak perusahaan memenuhi hak normatif buruh.


"Kami tidak ingin merongrong perusahaan, sebab yang kami minta hanya kesejahteraaan. Yakni terpenuhinya kebutuhan dasar kami pangan, sandang, papan. Serta keluarga buruh bisa memperoleh akses pendidikan dan kesehatan," ujar Hasrizal dengan penuh semangat di depan ribuan buruh.
SBSI terus berupaya memperjuangkan upah layak bagi buruh migran apalagi tema May Day kali ini adalah Kerja Layak untuk Hidup yang layak. Hasrizal juga mengimbau agar para pengurus PK serikat buruh bisa merapatkan barisan. Guna memperjuangkan hak para buruh di perusahaan.
"Jadi rapatkan barisan kawal semua regulasi tentang upah dan ketenagkerjaan. Apalagi kita adalah organisasi resmi," tegas Politisi PAN.
Hasrizal mengatakan bahwa kegiatan digelar atas kerjasama semua pihak. Bahkan tidak hanya kalangan buruh yang ikut serta. Tapi pihak perusahaan dan pemerintah kota ikut mendukung kegiatan ini.
Walau demikian, Peringatan May Day di Dumai tidak cuma berisikan panggung hiburan dan pembagian hadiah. Tapi menjadi satu hari bagi buruh untuk merayakan kegembiraan bersama keluarga. Secara sakral dilakukan renungan suci pada Senin dinihari, guna memaknai perjuangan kaum buruh selama ini.
Selain itu, KSBSI juga memperjuangkan santunan bagi keluarga buruh yang berduka. Hal ini sebagai bentuk kepedulian sesama buruh. Sehingga kini anggota SBSI rutin mengumpulkan santunan bagi anggota yang membutuhkan.

Walikota Dumai, Zulkifli AS mengapresiasi komitmen KSBSI dalam upaya memperjuangkan hak kaum buruh. Namun ia menjelaskan bahwa Dumai tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA). Tapi lokasi Dumai yang strategis menjadikannya sebagai Kota Pelabuhan dan Industri.
Maka ia berharap buruh bisa ikut menjaga situasi Kota Dumai. Sebab situasi Dumai tentu berdampak pada iklim investasi. "Bila memang ingin investasi, mereka pasti berharap situasi Dumai aman," terangnya.
Diakuinya, iklim ekonomi Dumai sedang menurun. Sebagai dampak menurunnya harga migas terhadap pertumbuhan ekonomi daerah di Kota Dumai merosot. Bahkan pertumbuhan ekonomi Dumai hanya 2,7 persen.
Kondisi ini berdampak pada pengangguran. "Maka diperlukan alternatif untuk peningkatan iklim ekonomi. Satu caranya membenahi pariwisata," paparnya.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripes News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright 2013 - 2017,RIPES NEWS
Media Bisnis Terpercaya

| RIPESNEWS | DUNIA LOKER INDONESIA | PEMKO DUMAI | PEMKO ROHIL | JONY MARZAINUR | MR. AYAI | INDAH FM RADIO | DUPE TV | BUSINESS RIAU |

Jalan Datuk Laksaman No. 292 Kota Dumai Email : ripesnews@gmail.com Hp. 0812 6811 1177