Headlines News :
Home » , » Walikota Dumai Canangkan Gerakan Nasionala deteksi Dini Kanker Serviks

Walikota Dumai Canangkan Gerakan Nasionala deteksi Dini Kanker Serviks

Written By Ripes News on Monday, April 17, 2017 | 10:35 AM


Ripes News - Dumai - Pencanangan gerakan nasional dengan pemeriksaan dini terhadap kanker serviks atau kanker leher rahim melalui IVA test dimana Walikota Dumai menghadiri pembukaan bulan pencanangan nasional tentang kanker leher rahim atau serviks di Puskesmas jayamukti di Dumai tanggal 17 april 2017.

Acara ini di hadiri oleh walikota Dumai sendiri H. Zulkifli As Msi, pimpinan DPRD atau yang mewakili, camat sebagai kota Dumai, ibu hj. Haslinar sebagai ketua PKK kota Dumai, persatuan organisasi ibu-ibu sebagai kota Dumai, tokoh masyarakat dan para undangan dalam sambutan ketua PKK kota Dumai dimana pelaksanan ini berdasarkan 1. Himbauan Dalam rangka menyambut hari Kartini tahun 2017 dimana seiring kebijakan pemerintah program nasional dalam upaya menurunkan angka kematian ibu akibat Kanker leher rahim atau serviks 2. Adanya program kerja dari OASE ( organisasi aksi solidaritas era kabinet kerja ) yang merupakan program kerja dari para istri dari kabinet kerja 3. Surat dari tim penggerak PKK provinsi Riau no 65/sks/PKK provinsi/IV/2017 tentang bulan pencanangan pelayanan Iva test sebagai provinsi Riau.

Tujuan diadakan acara ini juga 1. Meningkatkan kepedulian peran serta masyarakat terutama wanita usia subur untuk melakukan pemeriksaan dini tentang kanker leher rahim atau serviks melalui pemeriksaan Iva test 2. Membangkitkan Semangat dan motivasi kader PKK agar tetap giat dalam mengelola kegiatan yang mendukung program penanggulangan dan pencegahan kanker leher rahim atau serviks dimana sasarannya adalah wanita yang sudah menikah sekota Dumai pemeriksaan ini dilakukan di dalam ruangan tertutup dan sangat rahasia agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan juga untuk mengurangi angka kematian bagi wanita atau ibu-ibu yang sudah berumah tangga walaupun kita sehat tetap harus kita cek dan konsultasi ke puskesmas-puskesmas terdekat," ujar ketua PKK kota Dumai Hj. Haslinar

Dalam sambutan Walikota Dumai juga pencanangan pemeriksaan IVA TEST ini berguna untuk mencegah dan mendeteksi dini kanker leher rahim. IVA TEST sendiri adalah inspeksi visual dengan asam asetat yang merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim.
Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan skrining alternatif dari pap smear karena murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dengan peralatan sederhana serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi.


Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker. Sedangkan secara khusus bertujuan antara lain untuk memotovasi masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, meningkatnya jumlah perempuan yang melakukan deteksi dini kanker, dan terlaksananya penyebaran informasi tentang penyakit kanker, faktor resiko kanker dan upaya pengendaliannya.
Meskipun kanker merupakan penyakit yang tidak diketahui penyebabnya secara pasti, namun dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti merokok/ terkena paparan asap rokok, mengkonsumsi alkohol, paparan sinar ultraviolet pada kulit, obesitas dan diet yang tidak sehat, kurang aktifitas fisik dan infeksi yang berhubungan dengan kanker.
Untuk itu Pemerintah Kota Dumai berharap dukungan dari segenap lapisan masyarakat untuk mensukseskan pencanangan ini. Adapun target yang akan dicapai dari gerakan serentak pemeriksaan IVA TEST di Kota Dumai untuk tahun 2017 ini sebanyak 31.447 orang dari pasangan usia subur yang ada. Diharapkan kepada seluruh undangan yang hadir pada hari ini untuk bisa menginformasikan kepada sanak saudara, tetangga, teman dan handai taulan untuk bersama-sama memeriksa dan mendeteksi dini kanker leher rahim ke Puskesmas-puskesmas terdekat maupun klinik.

Pada kesempatan yang baik ini saya menyampaikan kepada instansi terkait yang ada di Kota Dumai, petugas kesehatan dan kader kesehatan untuk memberikan informasi yang lengkap tentang pemeriksan kanker leher rahim melalui test IVA sehingga masyarakat mengerti manfaat dari pemeriksaan ini
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripes News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright 2013 - 2017,RIPES NEWS
Media Bisnis Terpercaya

| RIPESNEWS | DUNIA LOKER INDONESIA | PEMKO DUMAI | PEMKO ROHIL | JONY MARZAINUR | MR. AYAI | INDAH FM RADIO | DUPE TV | BUSINESS RIAU |

Jalan Datuk Laksaman No. 292 Kota Dumai Email : ripesnews@gmail.com Hp. 0812 6811 1177