Headlines News :
Home » , , » Mungkinkah PEMKO Dumai dapat PAD Melalui Pipa Gas

Mungkinkah PEMKO Dumai dapat PAD Melalui Pipa Gas

Written By Ripes News on Wednesday, May 31, 2017 | 3:09 PM


DUMAI - Ripes News - Pemerintah Kota Dumai, Provinsi Riau, menyatakan bahwa pembangunan infrastruktur pipa distribusi gas bumi diharapkan dapat meningkatkan ketahanan energi dan menciptakan multi efek bagi ekonomi daerah.
Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal Kota Dumai Hendri Sandra di Dumai, Senin, mengatakan, proyek gas sepanjang 137 kilometer ini juga akan menciptakan lapangan pekerjaan dan peningkatan pendapatan asli daerah dari pajak bumi bangunan.
"Manfaat dimulainya proyek gas ini telah dirasakan masyarakat berupa lapangan pekerjaan dan peningkatan omset industri serta usaha kecil menengah rumah tangga," kata Hendri kepada pers.
Dijelaskannya, proyek gas dilaksanakan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk ini dijadwalkan rampung pada 2018 mendatang, dan pekerjaan berdasarkan penetapan Izin lokasi dari pemerintah dengan nomor 4601/17/Men-M/2016 tanggal 01 Juni 2016.

Program PGN sebagai badan usaha negara melayani kebutuhan Energi gas bumi di Kota Dumai dalam rangka untuk peningkatan perekonomian telah mengantongi perizinan sesuai kebutuhan pembangunan proyek.

"Pembangunan jaringan gas bawah tanah sudah mengantongi izin prinsip dan izin lingkungan baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun dari daerah," sebutnya.

Selain itu, kehadiran pipa distribusi jaringan gas bumi ini nantinya dapat juga memberi banyak manfaat bagi masyarakat dan mendukung proses peralihan bahan bakar minyak ke gas.

Pemerintah dan PGN juga membawa inisiatif pembangunan dan pengembangan jaringan pipa gas bumi ke area perumahan masyarakat agar dapat dinikmati oleh rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar memasak.

"Penggunaan gas bumi untuk rumah tangga dapat berhemat 50 persen dibanding bahan bakar elpiji, dan akan dilakukan penyaluran bertahap kepada pelaku usaha serta pelanggan sektor lainnya," ungkapnya.

PGN sebelumnya menyatakan siap mengganti aset daerah yang rusak akibat pekerjaan penanaman pipa gas bumi di sejumlah ruas jalan daerah tersebut.Kepala PT PGN Area Pekanbaru Arif Nurachman di Dumai mengatakan, untuk jaminan pelaksanaan terhadap kerusakan aset daerah sudah berkoordinasi dengan instansi terkait dan menyediakan anggaran.

"Jika ada aset daerah rusak akibat pekerjaan maka akan diganti," kata Arif, belum lama ini.
Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Dumai Muhammad Nasir menyebutkan, pemerintah daerah dan PGN menyepakati kerjasama peluang bisnis untuk menambah pendapatan asli daerah dari pelaksanaan proyek gas.

Kerjasama dua pihak ini selanjutnya akan dilaksanakan oleh satu badan usaha perusahaan milik daerah agar bisa menggarap peluang bisnis yang dapat menambah pemasukan keuangan."Sudah dibuat kesepakatan bersama secara umum dengan PGN untuk menangkap peluang usaha untuk dijalankan perusahaan daerah, agar bisa berkontribusi keuangan," kata sekda.

Beberapa Tokoh berpendapat, bahwa ada kesalahan Pemko dalam memberikan kesempatan kepada PGN, pertama dalah mengacu dari dana Bagi hasil Minyak, riau mendapatkan nilai yang tidak menguntungkan, sekarang Dumai sebagai pusat beroperasinya PGN di Kota Dumai di tinjau dari berbagai aspek, sangat sangat merugikan Kota Dumai, jaminan keamanan terhadap efek dan bahaya yang di tumbulkan, demikian tanggapan dari masyarakat.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripes News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright 2013 - 2017,RIPES NEWS
Media Bisnis Terpercaya

| RIPESNEWS | DUNIA LOKER INDONESIA | PEMKO DUMAI | PEMKO ROHIL | JONY MARZAINUR | MR. AYAI | INDAH FM RADIO | DUPE TV | BUSINESS RIAU |

Jalan Datuk Laksaman No. 292 Kota Dumai Email : ripesnews@gmail.com Hp. 0812 6811 1177