Headlines News :
Home » , » Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan bagi ketua RT se-Kota Dumai

Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan bagi ketua RT se-Kota Dumai

Written By Ripes News on Wednesday, September 27, 2017 | 2:26 PM


Ripes News - Dumai - Menciptakan Kota Dumai tertib administrasi kependudukan yang dinilai sangat penting dalam menentukan arah pembangunan, Pemerintah Kota Dumai menggelar sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan bagi ketua RT se-Kota Dumai, Rabu (27/9/2017).

Melihat peran ketua Rukun Tetangga (RT) yang merupakan garda terdepan pemerintah dan dinilai dapat menjembatani hubungan dan kepentingan antara pemerintah dengan masyarakat termasuk dalam pendataan tertib administrasi penduduk maka Pemko Dumai melalui Dinas Pendudukan dan cacatan sipil memilih untuk memberikan pembekalan administrasi kependudukan kepad ketua RT yang nantinya diharapkan dapat diimplementasikan ditengah masyarakat.

Pada sosialisasi kali ini pihak RT diberikan pemebekalan berbagai pengetahuan yang berkaitan dengan penyelenggaraan kependudukan, terlebih dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di lingkungannya, dimana prosedur dan mekanisme harus benar-benar diperhatikan sehingga memudahkan masyarakat dalam mengurus segala sesuatunya mengenai administrasi kependudukan ini.

Dalam sambutan Walikota Dumai yang diwakili oleh Asisten I Walikota Dumai, Hamdan Kamal menyampaikan selaku Pemerintah Kota Dumai sangat mendukung dilaksanakannya sosialisasi ini apalagi sosialisasi ini dilaksanakan khusus untuk RT yang memang berada di Garda paling depan dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan.

“Oleh karenanya saya menekankan dan menghimbau para peserta sosialisasi Untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Sebagaimana dimaklumi bahwa kebijakan kependudukan tidak akan pernah lepas dari kegiatan administrasi secara luas. Oleh karenanya administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.

“Maka dari itu gunakan sosialisasi ini sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan akan seluk beluk kebijakan kependudukan yang mantap sehingga masyarakat penerima layanan nantinya akan merasa puas dan sekaligus mengerti arti penting dan arah kebijakan kependudukan yang baik,” ungkap Hamdan Kamal tutup pidatonya.

Selain itu Kadisdukcapil Kota Dumai, Suwardi menjelaskan bahwa pembahasan sosialisasi ini menyangkut permasalahan umum seperti proses pelayanan masyarakat yang memerlukan dokumen dokumen kependudukan, baik yang menyangkut pendaftaran penduduk maupun yang menyangkut pencatatan sipil. 

“Untuk itulah dengan adanya sosialisasi ini paling tidak ketua RT yang ada di Kota Dumai mengetahui prosedurnya seperti apa, persyaratan dan pelayanan masyarakat seperti apa, bahwa ada sanksi sanksi jika yang mereka lakukan itu melanggar aturan,” Ujarnya Suwardi.

Disdukcapil Kota Dumai menghadirkan dua orang narasumber yakni Plt. Kasubdit Fasilitasi Pencatatan Pewarganegaraan, Ditjen Dukcapil Kemendagri, Ati Kadarwati SH, MH dan Kasi Pindah Datang Antara Negara Direktorat Pendaftaran Penduduk, Ditjen Dukcapil Kemendagri, Suwandi.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripes News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright 2013 - 2017,RIPES NEWS
Media Bisnis Terpercaya

| RIPESNEWS | DUNIA LOKER INDONESIA | PEMKO DUMAI | PEMKO ROHIL | JONY MARZAINUR | MR. AYAI | INDAH FM RADIO | DUPE TV | BUSINESS RIAU |

Jalan Datuk Laksaman No. 292 Kota Dumai Email : ripesnews@gmail.com Hp. 0812 6811 1177