Headlines News :
Home » , , » Melalui Program Pusat, Rohil Mampu Programkan Pembenihan Kerang Dan Kepiting Sendiri

Melalui Program Pusat, Rohil Mampu Programkan Pembenihan Kerang Dan Kepiting Sendiri

Written By Ripes News on Thursday, October 19, 2017 | 9:25 AM



Dirjen Perikanan Budidaya Lirik Rohil Untuk Dijadikan Pembenihan Kerang
Ripesnews.com - (Rohil) - Komunikasi yang dilakukan Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) kepada pemerintah pusat akhirnya mendapat perhatian untuk memberikan bantuannya. 
Melalui Dirjen Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tertarik untuk mebantu wilayah pesisir Rohil untuk dijadikan sebagai pembenihan kerang darah (kerang konsumsi).
"Surat resmi sudah kita sampaikan kekementrian, isinya berupa dukungan Pemda Rohil untuk UPT  pembenihan kerang, kita sekarang hanya menunggu tindaklanjut mereka," ungkap Kepala Diskanlut Rohil, Muhammad Amin SPiMSi, (11/7) dikantornya. 
Sebelumnya jelas Amin, Ropik selaku Sub Dirjen Perikanan Budidaya yang juga rekan kuliahnya itu terus melakukan komunikasi dengannya melalui Messenger Whatshap. Mereka meminta agar Pemkab Rohil menyiapkan lahan seluas tiga hektar untuk lokasi pembenihan itu.
Untuk memenuhi itu, M Amin sudah menyiapkan lahannya. Ada tiga opsi lokasi yang akan ditawarkan nantinya ke Dirjen Perikanan Budidaya. Diantaranya, Kecamatan Bangko, Sinaboi dan Kecamatan Palika. Wilayah ini juga diminta harus lengkap dengan sertifikasi surat tanahnya.
Amin menilai, wilayah pesisir Rohil sangat cocok untuk dibuatkan sumber pembenihan kerang pakan. Apalagi saat ini budidaya kerang sedang berkembang di pesisir Rohil yang sumber kerangnya berasal dari muara sungai yang dihasilkan alam.

"Jadi, dengan adanya progran pusat ini, ‎pembenihan kerang ini diharapkan melalui SDM yang dikirim pusat tenaga ahli dan pengalaman yang dikirim dapat menjadi solusi bahwa Rohil mampu membuat benih sendiri," tandasnya.
Kerang
Rohil Programkan Kerang dan Kepiting
Pemerintah Provinsi Riau kini tengah mengembangkan berbagai potensi ekonomi di daerah pesisir sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat."Salah satu daerah pesisir yang saat ini tengah dikembangkan ialah di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).
Asisten III SetdaProvinsi Riau Kasiaruddin di Pekanbaru menjelaskan,bahwa Pemprov Riau melalui Bappeda dan Kelautan sedang melakukan pembinaan kepada masyarakat Kabupaten Rokan Hilir untuk mengembangkan kerang dan kepiting. "Beberapa waktu lalu telah dicoba membeli benih kerang senilai Rp 200 ribu, kemudian ditebar di pantai, dan hasilnya tidak mengecewakan," sebutnya.
Ia mengatakan bahwa pengembangan ini juga merupakan upaya menjaga produk lokal, sehingga tidak memerlukan biaya ekstra. "Dan pengembangannya juga tidak sulit karena dikembangkan di habitat aslinya, masyarakat juga sudah familiar hanya perlu dikelola dan didampingi dengan teknologi dan manajemen yang lebih baik," jelasnya.
Kepiting
Ia menyampaikan bahwa upaya pengembangan potensi ekonomi di daerah pesisir ini didukung oleh masyarakat setempat. "Sejauh ini masyarakat sangat antusias sekali," ucapnya.
Disamping itu ia juga memaparkan bahwa Provinsi Riau memiliki garis pantai mencapai 2000 kilometer dan sangat berpotensi untuk dimanfaatkan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.
"Dari 2000 kilometer garis pantai itu, hanya sebagian kecil saja yang sudah mulai dimanfaatkan oleh masyarakat,  ke depan tentu diharapkan  masyrakat dapat lebih banyak lagi mengelola potensi perikanan dan kelautan yang ada di daerahnya masing-masing, karena pasar yang menunggu hasil perikanan dan kelautan itu sangat luas sekali," paparnya.(Adv/Humas)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ripes News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright 2013 - 2017,RIPES NEWS
Media Bisnis Terpercaya

| RIPESNEWS | DUNIA LOKER INDONESIA | PEMKO DUMAI | PEMKO ROHIL | JONY MARZAINUR | MR. AYAI | INDAH FM RADIO | DUPE TV | BUSINESS RIAU |

Jalan Datuk Laksaman No. 292 Kota Dumai Email : ripesnews@gmail.com Hp. 0812 6811 1177